Inertial Sensors

Sensor Inersia Sensor menurut Inersia. Berkisar dari sensor inertial MEMS, hanya berukuran beberapa mm persegi, sampai Cincin Giroskop Laser yg sangat akurat tetapi sanggup mengukur diameter 50 cm.



  ➽  Accelerometers
  ➽  Giroskop inersia
  ➽  Giroskop MEMS
  ➽  Aplikasi khas untuk sensor inersia.


Accelerometers – Inertial Sensors

Accelerometers percepatan MEMS terdiri dari sistem massa-pegas, yg berada dalam ruang hampa. Mengerahkan akselerasi pada akselerometer menghasilkan perpindahan massa dalam sistem pegas. 

Perpindahan massa tergantung pada sistem pegas massa, sehingga dibutuhkan kalibrasi. Pembacaan sanggup melalui sistem kapasitif. Accelerometers MEMS tersedia dalam versi 1D, 2D serta 3D.

Gyroscopes - Inertial Sensors

Giroskop Inersia sanggup ditemukan di aneka macam kelas. 
  ➽  Ring Laser Gyroscopes (RLG)
  ➽  Fiber Optic Gyros (FOG) sangat andal, serta sangat mahal. 


Mengandalkan Cahaya dirasakan melalui Set Cermin atau Kabel Fiberglass ke arah yg berlawanan. Rotasi Giroskop menghasilkan cahaya dalam satu arah untuk mencapai sisi lain dari set cermin / kabel fiberglass lebih awal dari cahaya yg dikirim ke arah yg berlawanan. 

Giroskop Optik, menyerupai RLG serta FOG sangat akurat, dipakai tanpa Sensor Referensi (AHRS). Keakuratan Intrinsik membuatnya mahal sehingga tidak sanggup dipakai dalam aplikasi yg sensitif biaya.

Giroskop MEMS (MicroElectroMechanical)

Giroskop MEMS mempunyai massa getar kecil yg berosilasi di mis. 10 dari kHz. Massa disuspensikan dalam sistem pegas, pembacaan melalui sistem kapasitif menyerupai dalam akselerometer. 

Ketika Giroskop diputar, rotasi diberikan kepada gaya Coriolis tegak lurus pada massa yg lebih besar ketika massa jauh dari sentra rotasi. Massa berosilasi dengan demikian menerima pembacaan yg berbeda di kedua sisi osilasi, yg merupakan ukuran untuk tingkat belokan. 

Kesalahan khas Giroskop ialah Sensitivitas-G, yg disebabkan oleh deformasi sistem pegas di dalam giroskop. 

Aplikasi Umum

Sensor Strategis serta Taktis sanggup ditemukan dalam aplikasi berisiko tinggi, menyerupai navigasi dalam pertahanan serta penerbangan komersial. Giroskop konsumen dengan stabilitas bias tipikal> 30 derajat / jam sering dipakai dalam aplikasi seluler, serta sanggup ditemukan di pengontrol Nintendo Wii. 

Pengukuran Inersia, Giroskop Memberikan terlalu banyak penyimpangan dalam perhitungan mati, sehingga mereka tidak sanggup dipakai untuk aplikasi tingkat atas. Karena peningkatan akurasi dalam sensor inersia, kelompok gres giroskop (kelas industri), yg kecil serta dipakai dalam stabilisasi kendaraan tanpa awak serta pengukuran serta koreksi sistem sensor lainnya. 

Kendaraan tanpa awak sanggup menso kendaraan bawah bahari (Saab Seaeye Jaguar), kendaraan udara (Norut) atau kendaraan darat (Wambot). Dalam satcom serta koreksi sensor, misalnya termasuk sistem Ka-band Satcom EM serta sistem USBL Sonardyne.

Sensor MEMS (MicroElectroMechanical)

Sensor Alat yg mengukur Kuantitas Fisik serta mengubahnya menso Sinyal Listrik. Sensor memainkan tugas utama dalam MEMS serta sanggup dipakai dalam pengaturan dengan sensor lain untuk Aplikasi Multi-Sensing. Sensor-sensor ini diklasifikasikan menso tiga jenis:
  ➽  Sensor Tekanan MEMS
  ➽  MEMS Chemical Sensors
  ➽  MEMS Inertial Sensors (giroskop, akselerometer).

MEMS Pressure Sensors

Sensor Tekanan - Perangkat yg terdiri dari komponen elektronik serta mekanis. Sensor tekanan MEMS memakai Diafragma Fleksibel sebagai alat penginderaan. 

Satu sisi diafragma ini ditemukan ke segel serta sisi lain terbuka untuk tekanan eksternal ketika bergerak dengan perubahan gaya eksternal. 

Sensor tekanan MEMS sangat sederhana, murah, serta kecil; faktor-faktor ini memungkinkan sensor untuk mengatasi aplikasi dalam kontrol proses industri, kendaraan beroda empat serta yg terlibat dalam unit genggam portabel serta medis.

MEMS Chemical Sensors

Sensor Kimia MEMS mengandung Selaput, Lapisan atau Film Kimia Selektif yg mengukur sifat kimia lingkungannya. 

Sensor Mekanis menawarkan tingkat akurasi serta resolusi yg tinggi, sesertagkan sensor kimia MEMS mempunyai lebih banyak seruan bahkan kalau mereka mungkin tidak layak. 

Memberikan Stabilitas, Selektivitas, Sensitivitas tinggi, serta Kecepatan Tinggi. Sebagian besar sensor kimia tidak stabil, serta mereka cukup besar sehubungan dengan rentang dinamis secara keseluruhan. 

MEMS Inertial Sensors

Sensor Inersia MEMS didesain untuk mencicipi perubahan inersia objek, serta kemudian mengubah gaya inersia ini menso sinyal terukur. 

Mengukur perubahan dalam getaran, percepatan, kemiringan serta orientasi. Ini dilakukan dengan memakai perangkat mikro yg disebut giroskop serta akselerometer. 

MEMS Inertial Sensors di sektor otomotif, peralatan deteksi gerakan serta shock, deteksi getaran serta sistem pengukuran, perangkat anti pencurian, sistem keamanan rumah.

MEMS Accelerometers

MEMS Accelerometer Perangkat elektromekanik yg dipakai untuk mengukur gaya akselerasi. Sistem yg paling sederhana serta paling sanggup diterapkan.

Accelerometers perangkat elektronik
  ➽  Perangkat game.
  ➽  Pemutar media.
  ➽  Smartphone (Telepon Apple, iPhone memakai akselerometer untuk kontrol antarmuka pengguna serta penghitung.

MEMS Gyroscopes

Giroskop berupa roda berputar atau cakram dengan sumbu bebas yg memungkinkannya untuk mengambil orientasi apa pun. Menentukan orientasi, Gyroscopes memakai struktur cukup getar dari disk berputar tradisional.





MEMS based Hands Gesture Controlled Robot
Receiver
Untuk mengendalikan robot memakai MEMS. Sistem ini, MEMS ditetapkan ke tangan. Diagram blok dari robot gerakan tangan yg dikontrol MEMS ditunjukkan di bawah ini.



MEMS based Hands Gesture Controlled Robot
Transmitter
Alat perangkat keras yg dibutuhkan termasuk mikrokontroler, sensor MEMS, pemancar RF serta rangkaian driver receiver serta motor DC. Selain ini, perangkat lunak yg dibutuhkan ialah Orcad, Proload serta Keil compiler. IC 7805 ialah pengatur tegangan 9V, serta mempunyai som





Trafo menurunkan tegangan 230 menso 16 V, 1A, serta penyearah jembatan meralat serta kapasitor menyaringnya. Akhirnya, untuk menghasilkan output 5V DC stabil, regulator 7805 meyesuaikannya. 

AT89S52 - Mikrokontroler CMOS 8-bit berperforma tinggi dengan 8K byte memori flash yg sanggup diprogram; ini menyediakan solusi yg irit biaya serta sangat fleksibel untuk banyak aplikasi yg dibenamkan.


[  Inertial Sensors (37) 




Airbus New Super-Transporter Beast

Airbus New Super-Transporter Beast - Beluga XL

Airbus versi gres Super-XL Beluga transporter yg akan menggantikan armada A300-600ST Belugas dalam pelayanan semenjak tahun 1992. Airbus Beluga XL untuk masuk ke layanan di tahun 2019.


Model kargo gres merupakan salah satu yg terbesar di dunia serta mempunyai kapasitas 30% lebih banyak dari pendahulunya. The Beluga XL 63 meter panjang dengan lebar sayap 60 meter dengan kemampuan untuk membawa lebih dari 50 ton kargo. 

Beluga XL Pesawat angkut generasi ketiga Airbus. Menurut perusahaan, "Perlu meluncurkan perangkat baru, yg ketika ini datang di batas kapasitas. Airbus mempunyai pilihan untuk memunitsi lebih banyak model ini, untuk menciptakan yg baru, yg lebih modern, "kata Airbus kepada La Depeche.


Airbus memakai armada model Beluga raksasa untuk mengangkut kargo, terutama untuk komponen utama pesawat lainnya, menyerupai sayap serta bab baserta pesawat. Transporter super membawa bab dari pabrik di mana mereka dibangun untuk jalur perakitan selesai di Jerman, Perancis serta Cina.

"Program kami berkembang. Saat ini, Beluga tidak sanggup memuat dua sayap dari A350 pada ketika yg sama. Kita harus mengirim mereka satu per satu di teluk kargo, berbaring di 45 derajat. Ini biaya ganda transportasi kami," Bertrand George, eksekutif dari Beluga XL kepada Ouest France.

Binatang langit sangat penting bagi rantai pasokan Airbus - terbang enam hari seminggu, transportasi udara masih makin hemat serta lebih fleksibel daripada menggerakkan komponen melalui jalan darat.

Ketika ditanya, mengapa memakai desentralisasi model manufaktur Airbus, eksekutif kedirgantaraan di Cranfield University, Profesor Iain Gray. Bahwa "Airbus Mempelopori sistem Pusat Keunggulan sekitar Eropa - kini seluruh dunia punya tenaga kerja terampil, investasi bersama, serta kemampuan untuk menarik keahlian lokal - manfaat dari model terpengiriman terbukti dengan baik. "


Menurut sang profesor, itulah alasan mengapa tentangan pabrikan, Boeing, kini pindah dari sistem terpusat ke model terpengiriman Airbus. Karena itu keperluan akan kendaraan transportasi raksasa.

Sebelas layanan, Beluga XL akan menso salah satu pesawat transportasi terbesar di dunia, namun, Dreamlifter super-transporter Boeing masih lebih besar serta lebih mampu. A.S. vendor hewan raksasa digunakan untuk membawa komponen utama 787 Dreamliner dari pabrik pemasok di Jepang serta Italia ke jalur perakitan terakhirnya di Washington State serta South Carolina.


Kedua transporter super disaingi oleh transporter militer menyerupai pesawat terbesar serta terberat di dunia - Antonov An-225. Yang didesain pada 1980-an untuk mengangkut pesawat ulang-alik Soviet.
  ➽  Lebih panjang 20 meter dari Beluga XL 
  ➽  Panjang 84 meter. 
  ➽  Lebar sayap 88 meter, 
Dapat membawa 5 kali maksimum Airbus - raksasa sampai 250 ton.

Teknologi Training Penerbangan

IoT Peluang Teknologi Pelatihan Penerbangan


Internet-Of-Things (IoT) - Dunia modern dihubungkan oleh aneka macam perangkat. Berbicara wacana masa depan, semua prakiraan mengenai gagasan koneksi aneka macam hal ke Internet benar-benar Spektakuler.  Pansertagan mengenai Internet, Ditawarkan ke industri Pelatihan Penerbangan.

Solusi teknologi memungkinkan untuk menghubungkan perangkat dengan cara sangat cerdas dengan memberi kemampuan untuk 'Berpikir', 'Menganalisis', serta 'Merencanakan'.  Internet Things (IoT).

IoT Jaringan perangkat fisik, kendaraan, serta barang lainnya yg dibenamkan pada perangkat elektronik, perangkat lunak, sensor, aktuator, serta konektivitas jaringan yg memungkinkan benda ini mengumpulkan serta bertukar data.

IoT  Memungkinkan objek untuk dirasakan atau dikendalikan dari jarak jauh di infrastruktur jaringan yg ada, membuat peluang untuk integrasi eksklusif dunia fisik ke dalam sistem berbasis komputer, serta menghasilkan peningkatan efisiensi, akurasi serta manfaat ekonomi selain mengurangi intervensi manusia.

IoT  Ditambah dengan sensor serta aktuator, teknologinya menso contoh  yg umum dari Sistem Cyber-Fisik, meliputi teknologi ibarat grid cerdas, pembangkit listrik virtual, rumah pintar, transportasi cerdas serta kota cerdas. 


Data – ‘New Everything’

Nilai kunci IoT yaitu Data. Mempertimbangkan industri penerbangan, imbas data serta pengumpulannya serta analisisnya sangat besar. Karena teknologi Internet of Things telah diterapkan pada penerbangan, telah membawa banyak nilai bagi seluruh industri. 

Teknologi ini membantu mengumpulkan data dalam jumlah besar serta menerapkannya secara Real-Time untuk membuat keputusan berbasis data secara masuk akal serta cepat. Penerapan teknologi IoT sukses memperlihatkan aneka macam peluang untuk meningkatkan efisiensi operasional serta mengurangi biaya.


Misalnya, maskapai penerbangan dengan sarana teknologi IoT sanggup melacak data penerbangan dengan tujuan mengurangi biaya materi bakar, memperpendek waktu perjalanan, meningkatkan efisiensi, serta meningkatkan pengalaman perjalanan keseluruhan bagi penumpang. 

Berbicara wacana IOT dalam penerbangan, Tiga kata kunci utama
  ➽  Keselamatan
  ➽  Kenyamanan penumpang
  ➽  Penghematan biaya.

IoT & Pelatihan Penerbangan

Teknologi IoT Membuat pembinaan penerbangan lebih kondusif serta lebih sanggup diprediksi. Pelatihan penerbangan / informasi pasca penerbangan dikumpulkan serta dianalisis secara manual.  

Melakukan wawancara antara pelatih penerbangan serta seorang siswa. Untuk meningkatkan kualitas pembinaan di masa mendatang, dibutuhkan solusi yg canggih, fleksibel, serta kuat. 


Teknologi IoT membuat pembinaan penerbangan lebih kondusif serta lebih sanggup diprediksi. Pelatihan penerbangan / informasi pasca penerbangan dikumpulkan serta dianalisis secara manual.  

Melakukan wawancara antara pelatih penerbangan serta seorang siswa. Untuk meningkatkan kualitas pembinaan di masa mendatang, dibutuhkan solusi yg canggih, fleksibel, serta kuat. 

Flight Tracker – Initial Training

Perangkat Pelacak Penerbangan di antara teknologi IoT memberi peluang bagi sentra pembinaan penerbangan untuk mengubah cara siswa melatih. The Flight Tracker yg dipakai untuk pembinaan penerbangan awal memungkinkan pelacakan status penerbangan secara real time serta mengumpulkan serta memproses data penerbangan dalam perangkat lunak administrasi pembinaan penerbangan. 

Teknologi ini memungkinkan pelatih penerbangan untuk melihat bagaimana siswa-pilot mengoperasikan pesawat terbang dalam penerbangan tunggal dengan menyediakan informasi yg berkhasiat untuk pembekalan serta analisis penerbangan. 

The Flight Tracker memvisualisasikan data eksklusif serta historis ibarat garis bujur, garis lintang, ketinggian, berkecepatan gerak, peta 2-D. Perangkat ini memakai teknologi GPS serta mendapat peta yg memperlihatkan di mana pesawat harus berada dikala ini. Biasanya pelacak menyediakan informasi hampir real-time yg kira-kira 1-2 detik refresh rate, serta pun mempunyai baterai internal sampai 16 jam kerja.

FTD - Flight Training Device

Informasi yg dikumpulkan oleh semua sensor mengatakan nilai yg kecil kalau tidak ada infrastruktur untuk memproses serta menganalisanya. Itulah mengapa aneka macam aplikasi berbasis cloud, misalnya, perangkat lunak administrasi pembinaan penerbangan, fitur utama dalam hal proses pengumpulan data. 

FFS - Full Flight Simulator

Berbicara wacana pembinaan pemeringkatan Tipe untuk pilot, ada solusi pasar IoT inovatif sebagai info layanan berdikari simulator penerbangan lengkap.

FFS yaitu peralatan self-service yg berdiri sendiri yg terletak di area simulator penerbangan yg melibatkan penggunaan teknologi tampilan sentuh untuk memandu pilot, pelatih penerbangan, manajer pelatihan, insinyur serta CEO melalui seluruh proses pembinaan penerbangan.

Perangkat didesain untuk menyederhanakan sesi simulator dengan memantau serta mengelola waktu serta melacak kondisi simulator dengan cara yg cerdas.
Terminal disokong dengan prosedur yg dimaksudkan untuk memproses serta menganalisis data pembinaan penerbangan. 

Data pembinaan penerbangan yg muncul di Terminal dipelajari serta dianalisis dalam perangkat lunak administrasi pembinaan penerbangan dengan mengatakan wawasan yg berkhasiat untuk pelatih penerbangan serta siswa-pilot. 

Memungkinkan pihak yg tertarik untuk mengikuti perkembangan siswa secara lebih sistematis.

Lebih Besar, Lebih Baik, Lebih Cepat, Lebih Murah

Secara keseluruhan, Solusi IoT yg didesain khusus untuk pembinaan penerbangan. Teknologi IoT memungkinkan untuk mengumpulkan, memproses, serta menganalisis sejumlah besar data penting dengan mengubahnya menso wawasan berbasis data. 

Kesimpulan, penggunaan teknologi modern ibarat IoT sanggup mengakibatkan semuanya menso lebih besar, makin bagus, lebih cepat serta makin ekonomis.



Komunikasi Seri Dan Paralel

Dalam Kelekomunikasi serta Transmisi Data, 
  ➽  Komunikasi SERIAL
       Proses pengiriman data satu bit pada satu waktu, secara berurutan,
       melalui kanal komunikasi atau bus komputer. 
  ➽  Komunikasi PARALEL
       Di mana beberapa bit dikirim secara keseluruhan, 
       pada tautan dengan beberapa kanal paralel.






Komunikasi SERIAL 
Digunakan untuk semua komunikasi jarak jauh serta sebagian besar jaringan komputer.

Di mana biaya kesulitan kabel serta sinkronisasi menciptakan komunikasi paralel menso tidak praktis. 

Bus Komputer Serial umum pada jarak pendek, alasannya yakni peningkatan integritas sinyal serta berkecepatan transmisi dalam teknologi serial yg lebih gres telah mulai melebihi keunggulan bus paralel dari kesederhanaan.

(tidak perlu serialiser serta deserializer, atau SerDes) & melampaui kerugiannya ( skew clock, interkoneksi kepadatan).

SERIAL vs PARALEL

Link komunikasi, di mana komputer berbicara satu sama lain, berupa SERIAL atau PARALEL. Tautan PARALEL mentransmisikan beberapa pemikiran data secara bersamaan di beberapa kanal (Kabel, Sirkuit cetak, atau Serat Optik); sesertagkan, Tautan SERIAL hanya mentransmisikan ke satu pemikiran data.

Link SERIAL tampak lebih rendah dari pada PARALEL, ia sanggup mengirimkan lebih sedikit Data per Siklus Clock, Link Serial sanggup diberi Clock jauh lebih cepat dari pada tautan Paralel untuk mencapai laju data yg lebih tinggi. 


Faktor memungkinkan SERIAL diberi clock pada tingkat yg lebih tinggi:
  ➽  Clock Skew, antara kanal yg berbeda bukanlah masalah 
       Untuk tautan komunikasi serial asinkron yg tidak di-clock).
  ➽  Sambungan serial memerlukan lebih sedikit kabel interkoneksi 
       (Kabel / serat) serta kesannya menempati lebih sedikit ruang. 
       Ruang ekstra memungkinkan isolasi kanal makin cantik dari sekitarnya.
  ➽  Crosstalk kurang dari masalah, 
       Karena ada lebih sedikit konduktor dalam kedekatan.

SERIAL makin irit untuk diterapkan dari pada PARALEL. Banyak IC mempunyai antarmuka SERIAL, ketimbang dengan PARALEL, sehingga mempunyai lebih sedikit pin serta oleh alasannya yakni itu makin ekonomis.


RS-232 Komunikasi Serial Data
PROTOKOL Komunikasi Standar Secara formal mendefinisikan sinyal yg menghubungkan antara :
 ➽ DTE (peralatan terminal data) ibarat Terminal Komputer.
 ➽ DCE (peralatan yg mengakhiri sirkuit data), seperti Modem.
Digunakan secara umum di Port Serial Komputer. 


Standar mendefinisikan karakteristik listrik serta waktu sinyal, arti sinyal, serta ukuran fisik serta pinout konektor. Standar Antarmuka TIA-232-F Antara Peralatan Terminal Data serta Peralatan Pemutus Sirkuit Data Mempekerjakan Pengalihan Data Biner Serial.

  ➤  Asynchronous Serial Transmission
Bit data dikirim kapan saja. Hentikan bit serta mulai bit dipakai antara byte data untuk menyinkronkan pemancar serta peserta serta memastikan data terkirim.

Waktu antara mengirim serta mendapatkan bit data tidak konstan, suatu celah dipakai untuk menyediakan waktu antar transmisi. Menggunakan metode asynchronous tidak diharapkan sinkronisasi antara perangkat pemancar serta penerima. Merupakan metode yg lebih efektif biaya. Kerugiannya, transmisi data bisa lebih lambat.

  ➤  Synchronous Serial Transmission
Bit data ditransmisikan sebagai pemikiran berkelanjutan dalam waktu dengan jam master. Pemancar serta peserta data keduanya beroperasi mengguna kan frekuensi jam yg disinkronkan. oleh alasannya yakni itu, mulai bit, stop bit.
Berarti bahwa data bergerak lebih cepat serta kesalahan waktu kurang sering alasannya yakni waktu pemancar serta peserta disinkronkan. Akurasi data sangat bergantung pada waktu yg disinkronkan dengan benar antar perangkat. Dibandingkan dengan transmisi serial asynchronous, metode ini lebih mahal.

Jenis Transimisi Data


RS-422 Multidrop Wiring Diagram
RS422 Pengganti "Drop-In" untuk sebagian besar aplikasi RS232. 
Adalah Full-Duplex serta bisa komunikasi jarak jauh.

RS-485 Multidrop Wiring Diagram
RS485 disebut sebagai RS-485 Multidrop LAN alasannya yakni sanggup menghubungkan beberapa perangkat dalam lingkungan jaringan LAN. Perangkat ini terhubung ke satu pasangan kawat. Kirim serta terima mengembangkan dua kabel yg sama.

Spesifikasi RS485 memungkinkan hanya 32 node (perangkat) di LAN. 
Namun, I.C. vendor telah mengembangkan driver RS485 yg bisa memungkinkan 128 sampai 255 node pada LAN RS485. Menggunakan driver RS485 generasi berikutnya. Menggunakan Konverter serta perangkat I/O.

DB-9 Connector


DB-25 Connector