Hal Yang Harus Diperhatikan Saat UN

Advertisement

Nyatanya kegagalan didalam ujian nasional ( un ) bukan sekedar dikarenakan pada ketidaksiapan siswa pada materi saja. karena, banyak siswa yang cerdas serta sesungguhnya beroleh nilai tinggi di un mesti menghadapi kenyataan pahit dikarenakan lembar jawaban komputer ( ljk ) kepunyaannya tidak terpindai.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat UN

pemerhati pendidikan saufi sauniwati menyebutkan bahwa perihal ini berlangsung berkali-kali di setiap penyelenggaraan un. banyak hal yang bikin ljk selanjutnya tidak terpindai waktu dikerjakan koreksi jawaban yaitu langkah penghitaman yang salah, mencorat-coret ljk, tidak cermat waktu isi ljk serta tidak isi ljk dengan pensil 2b.

saya pernah turut mengoreksi waktu di cimahi serta itu banyak perihal layaknya itu. lantas siswa juga diminta disiplin dikarenakan yang namanya tehnis ini amat mendukung, kata saufi di jakarta sebagian waktu lantas.

pertama, janganlah dulu coba menggunakan alat catat tak hanya pensil 2b. karena, didalam pos ujian nasional ( un ) yang dikeluarkan oleh kementerian pendidikan serta kebudayaan harus menggunakan pensil 2b supaya bisa terpindai dengan baik.

ada yang saat itu menggunakan spidol hitam. ya jelas tidak dapat terbaca oleh mesin. lantas guru atau pengawas juga mesti awasi peserta un untuk ini, tutur saufi.

ke-2 yaitu langkah penghitaman ljk. sesungguhnya, langkah penghitaman ini telah berkali-kali diterangkan. tetapi, berkali-kali juga, banyak siswa yang tetap salah hingga jawaban tidak terbaca.

yang tentu bulatan mesti dihitamkan penuh serta pas. baiknya juga jauhi cuma berikan centang pada ljk serta dapat dihitamkan kelak dikarenakan di kuatirkan waktunya kurang.

ketiga yaitu jauhi mencorat-coret ljk dibagian yang tidak diminta dikarenakan dapat menyebabkan ljk tidak terpindai. di antaranya yaitu sinyal hitam di tepi ljk yang disebut penanda baiknya janganlah dicorat-coret.

lantas bila diminta membubuhkan sinyal tangan, maka tambah baik terus pakai pensil serta janganlah di luar kotak. dulu perihal, anak ini bisa nilai tinggi waktu dikoreksi manual namun waktu dipindai tidak terbaca. dikarenakan sinyal hitam yang di tepi ljk itu diwarnai serta ada juga yang jadi bikin gambar di ljk, tutur saufi.

setelah itu, cermat saat mengisi ljk. kerapkali siswa lupa menghapus jawaban yang salah hingga jawaban pada satu nomer jadi dobel. perihal ini terhitung waktu mengisikan nama serta identitas di ljk. perbedaan nama atau identitas juga menyebabkan ljk tidak terbaca.

contohkan begini, namanya christian hadinata. pada hari pertama dia catat lengkap. masa datang ke-2 cuma ditulis c. hadinata serta hari ketiga christian. h. itu tak lagi dapat terakumulasi nilainya hingga merugikan, jelasnya.

lantas janganlah iseng serta disiplin didalam tehnis pengerjaannya juga amat mutlak, tandasnya.
Advertisement