Airbus New Super-Transporter Beast

Airbus New Super-Transporter Beast - Beluga XL

Airbus versi gres Super-XL Beluga transporter yg akan menggantikan armada A300-600ST Belugas dalam pelayanan semenjak tahun 1992. Airbus Beluga XL untuk masuk ke layanan di tahun 2019.


Model kargo gres merupakan salah satu yg terbesar di dunia serta mempunyai kapasitas 30% lebih banyak dari pendahulunya. The Beluga XL 63 meter panjang dengan lebar sayap 60 meter dengan kemampuan untuk membawa lebih dari 50 ton kargo. 

Beluga XL Pesawat angkut generasi ketiga Airbus. Menurut perusahaan, "Perlu meluncurkan perangkat baru, yg ketika ini datang di batas kapasitas. Airbus mempunyai pilihan untuk memunitsi lebih banyak model ini, untuk menciptakan yg baru, yg lebih modern, "kata Airbus kepada La Depeche.


Airbus memakai armada model Beluga raksasa untuk mengangkut kargo, terutama untuk komponen utama pesawat lainnya, menyerupai sayap serta bab baserta pesawat. Transporter super membawa bab dari pabrik di mana mereka dibangun untuk jalur perakitan selesai di Jerman, Perancis serta Cina.

"Program kami berkembang. Saat ini, Beluga tidak sanggup memuat dua sayap dari A350 pada ketika yg sama. Kita harus mengirim mereka satu per satu di teluk kargo, berbaring di 45 derajat. Ini biaya ganda transportasi kami," Bertrand George, eksekutif dari Beluga XL kepada Ouest France.

Binatang langit sangat penting bagi rantai pasokan Airbus - terbang enam hari seminggu, transportasi udara masih makin hemat serta lebih fleksibel daripada menggerakkan komponen melalui jalan darat.

Ketika ditanya, mengapa memakai desentralisasi model manufaktur Airbus, eksekutif kedirgantaraan di Cranfield University, Profesor Iain Gray. Bahwa "Airbus Mempelopori sistem Pusat Keunggulan sekitar Eropa - kini seluruh dunia punya tenaga kerja terampil, investasi bersama, serta kemampuan untuk menarik keahlian lokal - manfaat dari model terpengiriman terbukti dengan baik. "


Menurut sang profesor, itulah alasan mengapa tentangan pabrikan, Boeing, kini pindah dari sistem terpusat ke model terpengiriman Airbus. Karena itu keperluan akan kendaraan transportasi raksasa.

Sebelas layanan, Beluga XL akan menso salah satu pesawat transportasi terbesar di dunia, namun, Dreamlifter super-transporter Boeing masih lebih besar serta lebih mampu. A.S. vendor hewan raksasa digunakan untuk membawa komponen utama 787 Dreamliner dari pabrik pemasok di Jepang serta Italia ke jalur perakitan terakhirnya di Washington State serta South Carolina.


Kedua transporter super disaingi oleh transporter militer menyerupai pesawat terbesar serta terberat di dunia - Antonov An-225. Yang didesain pada 1980-an untuk mengangkut pesawat ulang-alik Soviet.
  ➽  Lebih panjang 20 meter dari Beluga XL 
  ➽  Panjang 84 meter. 
  ➽  Lebar sayap 88 meter, 
Dapat membawa 5 kali maksimum Airbus - raksasa sampai 250 ton.

Teknologi Training Penerbangan

IoT Peluang Teknologi Pelatihan Penerbangan


Internet-Of-Things (IoT) - Dunia modern dihubungkan oleh aneka macam perangkat. Berbicara wacana masa depan, semua prakiraan mengenai gagasan koneksi aneka macam hal ke Internet benar-benar Spektakuler.  Pansertagan mengenai Internet, Ditawarkan ke industri Pelatihan Penerbangan.

Solusi teknologi memungkinkan untuk menghubungkan perangkat dengan cara sangat cerdas dengan memberi kemampuan untuk 'Berpikir', 'Menganalisis', serta 'Merencanakan'.  Internet Things (IoT).

IoT Jaringan perangkat fisik, kendaraan, serta barang lainnya yg dibenamkan pada perangkat elektronik, perangkat lunak, sensor, aktuator, serta konektivitas jaringan yg memungkinkan benda ini mengumpulkan serta bertukar data.

IoT  Memungkinkan objek untuk dirasakan atau dikendalikan dari jarak jauh di infrastruktur jaringan yg ada, membuat peluang untuk integrasi eksklusif dunia fisik ke dalam sistem berbasis komputer, serta menghasilkan peningkatan efisiensi, akurasi serta manfaat ekonomi selain mengurangi intervensi manusia.

IoT  Ditambah dengan sensor serta aktuator, teknologinya menso contoh  yg umum dari Sistem Cyber-Fisik, meliputi teknologi ibarat grid cerdas, pembangkit listrik virtual, rumah pintar, transportasi cerdas serta kota cerdas. 


Data – ‘New Everything’

Nilai kunci IoT yaitu Data. Mempertimbangkan industri penerbangan, imbas data serta pengumpulannya serta analisisnya sangat besar. Karena teknologi Internet of Things telah diterapkan pada penerbangan, telah membawa banyak nilai bagi seluruh industri. 

Teknologi ini membantu mengumpulkan data dalam jumlah besar serta menerapkannya secara Real-Time untuk membuat keputusan berbasis data secara masuk akal serta cepat. Penerapan teknologi IoT sukses memperlihatkan aneka macam peluang untuk meningkatkan efisiensi operasional serta mengurangi biaya.


Misalnya, maskapai penerbangan dengan sarana teknologi IoT sanggup melacak data penerbangan dengan tujuan mengurangi biaya materi bakar, memperpendek waktu perjalanan, meningkatkan efisiensi, serta meningkatkan pengalaman perjalanan keseluruhan bagi penumpang. 

Berbicara wacana IOT dalam penerbangan, Tiga kata kunci utama
  ➽  Keselamatan
  ➽  Kenyamanan penumpang
  ➽  Penghematan biaya.

IoT & Pelatihan Penerbangan

Teknologi IoT Membuat pembinaan penerbangan lebih kondusif serta lebih sanggup diprediksi. Pelatihan penerbangan / informasi pasca penerbangan dikumpulkan serta dianalisis secara manual.  

Melakukan wawancara antara pelatih penerbangan serta seorang siswa. Untuk meningkatkan kualitas pembinaan di masa mendatang, dibutuhkan solusi yg canggih, fleksibel, serta kuat. 


Teknologi IoT membuat pembinaan penerbangan lebih kondusif serta lebih sanggup diprediksi. Pelatihan penerbangan / informasi pasca penerbangan dikumpulkan serta dianalisis secara manual.  

Melakukan wawancara antara pelatih penerbangan serta seorang siswa. Untuk meningkatkan kualitas pembinaan di masa mendatang, dibutuhkan solusi yg canggih, fleksibel, serta kuat. 

Flight Tracker – Initial Training

Perangkat Pelacak Penerbangan di antara teknologi IoT memberi peluang bagi sentra pembinaan penerbangan untuk mengubah cara siswa melatih. The Flight Tracker yg dipakai untuk pembinaan penerbangan awal memungkinkan pelacakan status penerbangan secara real time serta mengumpulkan serta memproses data penerbangan dalam perangkat lunak administrasi pembinaan penerbangan. 

Teknologi ini memungkinkan pelatih penerbangan untuk melihat bagaimana siswa-pilot mengoperasikan pesawat terbang dalam penerbangan tunggal dengan menyediakan informasi yg berkhasiat untuk pembekalan serta analisis penerbangan. 

The Flight Tracker memvisualisasikan data eksklusif serta historis ibarat garis bujur, garis lintang, ketinggian, berkecepatan gerak, peta 2-D. Perangkat ini memakai teknologi GPS serta mendapat peta yg memperlihatkan di mana pesawat harus berada dikala ini. Biasanya pelacak menyediakan informasi hampir real-time yg kira-kira 1-2 detik refresh rate, serta pun mempunyai baterai internal sampai 16 jam kerja.

FTD - Flight Training Device

Informasi yg dikumpulkan oleh semua sensor mengatakan nilai yg kecil kalau tidak ada infrastruktur untuk memproses serta menganalisanya. Itulah mengapa aneka macam aplikasi berbasis cloud, misalnya, perangkat lunak administrasi pembinaan penerbangan, fitur utama dalam hal proses pengumpulan data. 

FFS - Full Flight Simulator

Berbicara wacana pembinaan pemeringkatan Tipe untuk pilot, ada solusi pasar IoT inovatif sebagai info layanan berdikari simulator penerbangan lengkap.

FFS yaitu peralatan self-service yg berdiri sendiri yg terletak di area simulator penerbangan yg melibatkan penggunaan teknologi tampilan sentuh untuk memandu pilot, pelatih penerbangan, manajer pelatihan, insinyur serta CEO melalui seluruh proses pembinaan penerbangan.

Perangkat didesain untuk menyederhanakan sesi simulator dengan memantau serta mengelola waktu serta melacak kondisi simulator dengan cara yg cerdas.
Terminal disokong dengan prosedur yg dimaksudkan untuk memproses serta menganalisis data pembinaan penerbangan. 

Data pembinaan penerbangan yg muncul di Terminal dipelajari serta dianalisis dalam perangkat lunak administrasi pembinaan penerbangan dengan mengatakan wawasan yg berkhasiat untuk pelatih penerbangan serta siswa-pilot. 

Memungkinkan pihak yg tertarik untuk mengikuti perkembangan siswa secara lebih sistematis.

Lebih Besar, Lebih Baik, Lebih Cepat, Lebih Murah

Secara keseluruhan, Solusi IoT yg didesain khusus untuk pembinaan penerbangan. Teknologi IoT memungkinkan untuk mengumpulkan, memproses, serta menganalisis sejumlah besar data penting dengan mengubahnya menso wawasan berbasis data. 

Kesimpulan, penggunaan teknologi modern ibarat IoT sanggup mengakibatkan semuanya menso lebih besar, makin bagus, lebih cepat serta makin ekonomis.



Komunikasi Seri Dan Paralel

Dalam Kelekomunikasi serta Transmisi Data, 
  ➽  Komunikasi SERIAL
       Proses pengiriman data satu bit pada satu waktu, secara berurutan,
       melalui kanal komunikasi atau bus komputer. 
  ➽  Komunikasi PARALEL
       Di mana beberapa bit dikirim secara keseluruhan, 
       pada tautan dengan beberapa kanal paralel.






Komunikasi SERIAL 
Digunakan untuk semua komunikasi jarak jauh serta sebagian besar jaringan komputer.

Di mana biaya kesulitan kabel serta sinkronisasi menciptakan komunikasi paralel menso tidak praktis. 

Bus Komputer Serial umum pada jarak pendek, alasannya yakni peningkatan integritas sinyal serta berkecepatan transmisi dalam teknologi serial yg lebih gres telah mulai melebihi keunggulan bus paralel dari kesederhanaan.

(tidak perlu serialiser serta deserializer, atau SerDes) & melampaui kerugiannya ( skew clock, interkoneksi kepadatan).

SERIAL vs PARALEL

Link komunikasi, di mana komputer berbicara satu sama lain, berupa SERIAL atau PARALEL. Tautan PARALEL mentransmisikan beberapa pemikiran data secara bersamaan di beberapa kanal (Kabel, Sirkuit cetak, atau Serat Optik); sesertagkan, Tautan SERIAL hanya mentransmisikan ke satu pemikiran data.

Link SERIAL tampak lebih rendah dari pada PARALEL, ia sanggup mengirimkan lebih sedikit Data per Siklus Clock, Link Serial sanggup diberi Clock jauh lebih cepat dari pada tautan Paralel untuk mencapai laju data yg lebih tinggi. 


Faktor memungkinkan SERIAL diberi clock pada tingkat yg lebih tinggi:
  ➽  Clock Skew, antara kanal yg berbeda bukanlah masalah 
       Untuk tautan komunikasi serial asinkron yg tidak di-clock).
  ➽  Sambungan serial memerlukan lebih sedikit kabel interkoneksi 
       (Kabel / serat) serta kesannya menempati lebih sedikit ruang. 
       Ruang ekstra memungkinkan isolasi kanal makin cantik dari sekitarnya.
  ➽  Crosstalk kurang dari masalah, 
       Karena ada lebih sedikit konduktor dalam kedekatan.

SERIAL makin irit untuk diterapkan dari pada PARALEL. Banyak IC mempunyai antarmuka SERIAL, ketimbang dengan PARALEL, sehingga mempunyai lebih sedikit pin serta oleh alasannya yakni itu makin ekonomis.


RS-232 Komunikasi Serial Data
PROTOKOL Komunikasi Standar Secara formal mendefinisikan sinyal yg menghubungkan antara :
 ➽ DTE (peralatan terminal data) ibarat Terminal Komputer.
 ➽ DCE (peralatan yg mengakhiri sirkuit data), seperti Modem.
Digunakan secara umum di Port Serial Komputer. 


Standar mendefinisikan karakteristik listrik serta waktu sinyal, arti sinyal, serta ukuran fisik serta pinout konektor. Standar Antarmuka TIA-232-F Antara Peralatan Terminal Data serta Peralatan Pemutus Sirkuit Data Mempekerjakan Pengalihan Data Biner Serial.

  ➤  Asynchronous Serial Transmission
Bit data dikirim kapan saja. Hentikan bit serta mulai bit dipakai antara byte data untuk menyinkronkan pemancar serta peserta serta memastikan data terkirim.

Waktu antara mengirim serta mendapatkan bit data tidak konstan, suatu celah dipakai untuk menyediakan waktu antar transmisi. Menggunakan metode asynchronous tidak diharapkan sinkronisasi antara perangkat pemancar serta penerima. Merupakan metode yg lebih efektif biaya. Kerugiannya, transmisi data bisa lebih lambat.

  ➤  Synchronous Serial Transmission
Bit data ditransmisikan sebagai pemikiran berkelanjutan dalam waktu dengan jam master. Pemancar serta peserta data keduanya beroperasi mengguna kan frekuensi jam yg disinkronkan. oleh alasannya yakni itu, mulai bit, stop bit.
Berarti bahwa data bergerak lebih cepat serta kesalahan waktu kurang sering alasannya yakni waktu pemancar serta peserta disinkronkan. Akurasi data sangat bergantung pada waktu yg disinkronkan dengan benar antar perangkat. Dibandingkan dengan transmisi serial asynchronous, metode ini lebih mahal.

Jenis Transimisi Data


RS-422 Multidrop Wiring Diagram
RS422 Pengganti "Drop-In" untuk sebagian besar aplikasi RS232. 
Adalah Full-Duplex serta bisa komunikasi jarak jauh.

RS-485 Multidrop Wiring Diagram
RS485 disebut sebagai RS-485 Multidrop LAN alasannya yakni sanggup menghubungkan beberapa perangkat dalam lingkungan jaringan LAN. Perangkat ini terhubung ke satu pasangan kawat. Kirim serta terima mengembangkan dua kabel yg sama.

Spesifikasi RS485 memungkinkan hanya 32 node (perangkat) di LAN. 
Namun, I.C. vendor telah mengembangkan driver RS485 yg bisa memungkinkan 128 sampai 255 node pada LAN RS485. Menggunakan driver RS485 generasi berikutnya. Menggunakan Konverter serta perangkat I/O.

DB-9 Connector


DB-25 Connector











Protokol Serial Input Output

Komunikasi Serial Digunakan untuk semua komunikasi jarak jauh serta sebagian besar jaringan komputer, Biaya kabel serta sinkronisasi menciptakan komunikasi paralel menso tidak praktis. Seperangkat hukum serta peraturan memungkinkan dua perangkat elektronik terhubung untuk bertukar data.


Bus Komputer Serial menso umum pada jarak yg lebih pendek, alasannya ialah :
  ➽  Peningkatan Integritas Sinyal
  ➽  Peningkatan Kecepatan Transmisi
Teknologi Bus Serial terbaru telah melebihi keunggulan Bus Paralel dari kesederhanaan (tidak perlu serialiser serta deserializer,).

Protokol antar sistem dipakai untuk mengkomunikasikan dua perangkat yg berbeda. Seperangkat hukum serta peraturan yg memungkinkan dua perangkat elektronik terhubung untuk bertukar data satu serta lainnya.

Jenis Protokol Komunikasi.
   ⏩  Wireless Communication
   ⏩  Wired Communication

⏩  WIRED Komunikasi.
      terbagi 2 Katagori
  1.  Internal Communication
         I2C - Inter-Integrated Circuit
         SPI - Serial Peripheral Interface
  2.  External Communication
         RS-232
         RS-485
         UART - Universal Asynchronous Transmitter and Receiver
         USART - Universal Synchronous and Asynchronous TX RX
         GPIO - General Purpose Input and Output
       ➤  USB - Universal Serial Bus
         Ethernet
         CAN - Controller Area Network

Internal Communication

 I2C - Inter-Integrated Circuit
Dikembangkan untuk televisi oleh Philips Semiconductor, 1980. Dalam prosesor perangkat I2C, EEPROMs, sensor, jam real-time dipakai sebagai antarmuka kontrol serta perangkat I2C pun sanggup mempunyai antarmuka data terpisah (tuner TV digital, decoder video, prosesor audio ...).



3 jenis I2C menurut berkecepatan.
 ➽ Lambat (di bawah 100 Kbps).
 ➽ Cepat (400 Kbps).
 ➽ Kecepatan tinggi (3,4 Mbps).

Digunakan untuk menghubungkan periferal berkecepatan rendah (seperti keyboard, mouse, memori, IO / port serial / paralel, dll) ke motherboard (berisi CPU ) beroperasi pada berkecepatan yg jauh lebih tinggi.


 SPI - Serial Peripheral Interface
Protokol SPI memungkinkan data untuk dipertukarkan satu byte pada waktu antara Tessel serta modul melalui dua jalur komunikasi. Untuk mentransfer data ibarat pembacaan sensor atau mengirim perintah ke modul.


Protokol Master/Slave, Selalu ada perangkat Master tunggal yg mengontrol anutan komunikasi dengan satu / lebih perangkat slave. Master sebagai polisi kemudian lintas. mengarahkan semua perangkat Slave yg terhubung sehingga mereka tahu kapan giliran mereka untuk berkomunikasi.

External Communication

  RS-232
Komunikasi ANALOG sederhana melalui kabel telepon ke kabel USB khas untuk pertukaran data, telah melalui perjalanan panjang di bisertag komunikasi. 


Standar untuk mesin ketik elektromekanik serta modem untuk pertukaran data digital yg diperkenalkan pada tahun 1962 oleh Sektor Radio EIA. Membuat pertukaran data lebih sanggup mendapatkan amanah melalui Saluran Analog. 

Tingkat tegangan standar yg ditetapkan yg membuatnya kebal terhadap gangguan kebisingan serta mengurangi kesalahan dalam pertukaran data.

 RS-485
Dikenal TIA-485 (-A), Standar yg mendefinisikan karakteristik listrik dari driver serta peserta untuk dipakai dalam sistem komunikasi serial. Pensinyalan listrik seimbang, serta sistem multipoint disokong. 

Standar diterbitkan bersama oleh Asosiasi Industri Telekomunikasi serta Aliansi Industri Elektronik (TIA / EIA). Jaringan komunikasi digital yg menerapkan standar sanggup dipakai secara efektif untuk jarak yg jauh serta dalam lingkungan yg bising secara elektrik. 

Penerima sanggup dihubungkan ke jaringan ibarat itu dalam Bus Linear, Multidrop. Karakteristik ini menciptakan RS-485 mempunyai kegunaan dalam Sistem Kontrol Industri serta Aplikasi sejenis.

➤ UART - Universal Asynchronous 
                       Transmitter and Receiver
Perangkat keras komputer yg menerjemahkan Data bentuk paralel serta serial. Digunakan dengan Standar Komunikasi ibarat RS-422, RS-232 atau RS-485.
Komunikasi serial dengan dua protokol kabel. Rx serta Tx sebagai  Komunikasi serial merupakan sinyal mengirim serta menerima. (  menirim serta mendapatkan data secara serial).

UART mengambil byte data serta mengirim bit individual secara berurutan. Protokol HALF DUPLEX. Mentransfer serta Menerima data tidak pada dikala yg bersamaan. Pengendali mempunyai perangkat keras UART. 

Menggunakan satu jalur data untuk mengirim serta mendapatkan data. Memiliki satu bit awal, data 8-bit serta satu stop bit berarti sinyal transfer data 8-bit yg tinggi ke rendah.

 USART - Universal Synchronous and Asynchronous 
                          Transmitter and Receiver
Microchip yg memfasilitasi komunikasi melalui port serial komputer memakai protokol RS-232C. Antarmuka dibutuhkan untuk komunikasi dengan modem serta perangkat serial lainnya. 


Tidak ibarat UART, USART mengatakan opsi Mode Sinkron, komunikasi program-ke-program, mode sinkron mensyaratkan bahwa setiap tamat pertukaran merespons secara bergantian tanpa memulai komunikasi baru.



 USB - Universal Serial Bus
Antarmuka De Facto untuk periferal komputer untuk berkomunikasi dengan komputer pribadi. Dikembangkan sekitar pertengahan 1990-an, upaya bersama tujuh perusahaan - Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, Nortel, serta NEC. 

Bertujuan untuk mengganti port paralel serta pengisi daya eksternal dengan standar komunikasi universal yg sanggup menyederhana kan pertukaran data serta sanggup melipatgandakan kiprah untuk memasok listrik pun.


Di mana HOST memulai pertukaran data. 
Data ditransfer dalam transaksi yg terdiri dari tiga paket:
 ➽ Paket Token - Header yg memilih jenis serta arah
     transaksi, alamat perangkat, serta titik akhir.
 ➽ Data ditransfer dalam paket data.
 ➽ Status tamat transaksi ialah pengakuan 
     dalam paket handshake.

 GPIO - General Purpose Input and Output
Pin generik pada sirkuit terpadu atau board komputer yg perilakunya — termasuk apakah pin input atau output — sanggup dikontrol oleh pengguna pada dikala run time.


Pin GPIO tidak mempunyai tujuan yg telah ditentukan, serta tidak dipakai secara standar. Idenya ialah bahwa kasertag-kasertag sistem integrator yg membangun sistem penuh mungkin memerlukan beberapa komplemen garis kontrol digital-serta mempunyai ini tersedia dari chip menghindari harus meyesuaikan sirkuit komplemen untuk menyediakannya. 

Misalnya, chip Realtek ALC260 (codec audio) mempunyai 8 pin GPIO, yg tidak dipakai secara standar. Beberapa sistem integrator (laptop Acer Inc.) memakai GPIO pertama (GPIO_0) pada ALC260 untuk mengaktifkan amplifier untuk speaker internal laptop serta jack headphone eksternal.

 Ethernet
Sistem untuk menghubungkan sejumlah sistem komputer yg membentuk Jaringan Area Lokal, dengan protokol untuk mengontrol kelulusan isu serta untuk menghindari transmisi simultan oleh dua atau lebih sistem.

Teknologi LAN pertama dikembangkan serta digunakan pertengahan tahun 1970-an oleh para peneliti dipusat Penelitian Xerox (PARC). Lebih sederhana serta makin hemat daripada LAN serta ATM token. 

Kartu antarmuka jaringan Ethernet (NIC) diberi pengidentifikasi unik yg disebut alamat MAC. Alamat MAC terdiri dari angka 48-bit. Dalam jumlah 24 bit pertama mengidentifikasi pabrikan serta dikenal sebagai ID pabrik atau Pengenal Unik Organisasi (OUI) serta ini ditugaskan oleh otoritas pendaftaran.

 CAN - Controller Area Network
Diancang untuk mikrokontroler serta perangkat berkomunikasi satu sama lain dalam aplikasi tanpa Komputer HOSTProtokol berbasis pesan. Awalnya untuk Kabel Listrik Multipleks dalam kendaraan beroda empat biar menghemat tembaga, tetapi banyak dipakai dalam konteks lainnya.




Mobil modern mungkin mempunyai 7 Unit Kontrol Elektronik (ECU) untuk banyak sekali subsistem. Prosesor terbesar ialah unit kontrol mesin. Lainnya dipakai untuk transmisi, airbag, pengereman antilock / ABS, cruise control, power steering elektrik, sistem audio, power window, pintu, adaptasi cermin, baterai serta sistem pengisian untuk kendaraan beroda empat hybrid / listrik, dll. 

Diantaranya membentuk Subsistem Independen, komunikasi antara lain sangat penting. Subsistem perlu mengontrol aktuator atau mendapatkan umpan balik dari sensor. Standar BISA didesain untuk memenuhi keperluan ini. 

Interkoneksi antar sistem berbeda memungkinkan banyak sekali fitur keselamatan, ekonomi serta kenyamanan untuk diimplementasikan memakai perangkat lunak saja. Fungsionalitas akan menambah biaya serta kompleksitas bila fitur-fitur ibarat itu "Hard Wired" memakai listrik otomotif tradisional.