Eddy Current

EDDY Current Dalam gulungan Transformator dipertimbangkan, serta metodenya diambil untuk menghitung variasi tahanan belitan serta kebocoran induktansi dengan frekuensi untuk 
  ➽ Transformator dengan Gulungan Tunggal
  ➽ Transformator Multilayer
  ➽ Transformator dengan Gulungan Bersegional. 


Metode terdiri dari 
  ➽  Membagi belitan menso beberapa bagian.
  ➽  Menghitung d.c. 
  ➽  Resistensi.
  ➽  d.c. kebocoran induktansi dari masing-masing bagian.
  ➽  Mengalikan nilai-nilai d.c. berdasarkan faktor-faktor yg tepat
       untuk memperoleh nilai-nilai a.c. 

Nilai a,c katakanlah, lilitan primer serta dijumlahkan untuk memperlihatkan kendala lilitan total serta kebocoran induktansi trafo. Rumus berasal serta dikutip untuk menghitung d.c. resistensi serta kebocoran induktansi dari kepingan yg berliku. 


Arus Eddy (Disebut pun Arus Foucault) - Loop Arus Listrik yg diinduksikan di dalam konduktor oleh meserta magnet yg berubah pada driver alasannya yaitu aturan Induksi Faraday. Arus Eddy mengalir dalam Loop tertutup di dalam konduktor, tegak lurus terhadap meserta magnet.


Dapat diinduksi di konduktor stasioner di dekatnya oleh meserta magnet yg berubah waktu, yg diciptakan oleh elektromagnet AC atau transformator, Dengan gerakan relatif antara magnet serta konduktor di dekatnya. 

Besarnya arus dalam loop tertentu sebanding dengan 
  ➽  Kekuatan Meserta Magnet
  ➽  Luas Loop
  ➽  Laju Perubahan Fluks
  ➽  Berbanding terbalik dengan Resistivitas Material.

Eddy current (I) diinduksikan ke dalam lempeng metal konduktif (C) ketika bergerak ke kanan di bawah magnet (N). Meserta magnet (B) diarahkan melalui pelat. 
Bisertag yg meningkat di ujung depan magnet (kiri) menginduksi arus berlawanan arah jarum jam, yg oleh aturan Lenz membuat Meserta Magnetnya sendiri yg diarahkan, yg menentang meserta magnet, menghasilkan gaya perlambatan. 

Di Trailing Edge Magnet (kanan), arus searah jarum jam serta ke bawah dibentuk (panah biru kanan) pun menghasil kan gaya perlambatan.

Hukum Lenz, Arus Eddy membuat meserta magnet yg menentang perubahan meserta magnet yg menciptakannya, serta dengan demikian arus eddy bereaksi pada sumber meserta magnet. 

Aturan Tangan Kanan Fleming menunjukkan arah arus induksi ketika sebuah konduktor yg menempel pada sirkuit bergerak dalam meserta magnet. Digunakan untuk memilih arah arus dalam gulungan generator.


Ketika driver menyerupai kawat terhubung ke meserta magnet, arus listrik diinduksi di kawat alasannya yaitu Hukum Faraday perihal Induksi. Arus dalam kawat sanggup mempunyai dua kemungkinan arah. Aturan ajudan Fleming memberi arah mana arus mengalir.

Permukaan Konduktif di dekatnya akan mengerahkan gaya seret pada magnet yg bergerak yg menentang gerakannya, alasannya yaitu Arus Eddy yg diinduksi di permukaan oleh Meserta Magnet yg bergerak. 

Efek ini dipakai di rem eddy ketika ini yg dipakai untuk menghentikan memutar alat-alat listrik dengan cepat ketika mereka dimatikan. 


Arus Eddy pun dipakai untuk memanaskan benda-benda dalam tungku serta peralatan pemanas induksi, serta untuk mendeteksi celah serta kekurangan pada kepingan metal memakai instrumen pengujian arus eddy

Arus yg mengalir melalui resistansi konduktor pun membuang energi sebagai panas dalam material. Dengan demikian arus eddy yaitu penyebab kehilangan energi dalam arus bolak-balik (AC) induktor, transformer, motor listrik serta generator, serta mesin AC lainnya, yg membutuhkan konstruksi khusus menyerupai inti magnetik yg dilaminasi atau inti ferit untuk menguranginya. 

SOLENOID

Solenoid - Perangkat ElektroMagnetik sederhana yg terdiri dari kawat listrik melingkar, dibungkus dalam bentuk Heliks. Ketika arus listrik dilewatkan melalui kawat, Solenoid menyerupai magnet dengan kutub N serta S di ujung Heliks.


Karena berongga, solenoid sanggup menarik besi atau batang ferromagnetik ke dalam heliks. Efek ini mempunyai kegunaan dalam membuat peralihan atau penguncian perangkat.

Penggunaan lain dari solenoid yaitu dalam penciptaan elektromagnet. Ketika batang besi secara permanen ditempatkan di dalam solenoid, metal sangat meningkatkan dampak magnet.

Eddy Current serta Magnetic Damping

Motional Emf, ggl motional diinduksi ketika pengemudi bergerak dalam meserta magnet atau ketika meserta magnet bergerak relatif terhadap pengemudi. Jika ggl motional sanggup menyebabkan loop arus pada driver, kita mengacu pada arus sebagai arus eddy. 

Eddy Current sanggup menghasilkan drag yg signifikan, disebut Magnetic Damping, pada gerakan. Pertimbangkan perangkat yg ditunjukkan pada Gambar, engayunkan sebuah bandul di antara kutub magnet yg kuat. 


(Kegiatan Laboratorium Fisika) 
Jika bob yaitu metal, ada kendala yg signifikan pada bob ketika memasuki serta meninggalkan lapangan, dengan cepat meredam gerakan. Namun, jikalau bob yaitu pelat metal berlubang, menyerupai yg ditunjukkan pada Gambar (b), ada dampak yg jauh lebih kecil alasannya yaitu magnet. Tidak ada dampak yg terlihat pada bob yg terbuat dari isolator. 


Eddy Current Brake Design (65) - Hollowell, Thomas Culver
Eddy Current Losses (13) - Lloyd H. Dixon, Jr.
Eddy Current (7)
Eddy currents in accelerator magnets (43) - G. Moritz
Effect of Eddy Current (21) - Y. Chung and J. Galayda
Element Analysis Of Eddy Current Losses (139) - Jenni Pippuri
Magnetic Circuits and Core Losses (21) - Kharagpur





Artikel Terkait